Rabu, 30 Juli 2008

Mengapa Harus Sekolah 2

Hari ini saya sedang segar nih. apalagi kebetulan sedang ngikuti BINTEK KTSP. Jadi klop deh saya bakal ngomong KTSP hari ini.
Membuat sekolah yang dapat menjawab pertanyaan tentang mengapa kita harus bersekolah kiranya dapat ditempuh dengan penerapan KTSP. Dalam KTSP sekolah memiliki sedikit rung (40%) untuk menetukan kegiatan pembelajaran di dalam sekolah.
Yang paling untung sekolah memiliki kesempatan untuk menentukan pelajaran muatan lokal. melalui pelajaran ini sekolah dapat mengajarkan materi "berguna" kepada siswa. Ya kalau sekolahnya misalnya dekat Tanah Abang, sekolah dapat mengajarkan cara memilih bahan tekstil. Kalau sekolahnya dekat hutan di Kalimantan, ya sekolah dapat ngasi pelajaran muatan lokal, cara memelihara hutan dan bersahabat dengan hutan.
Selain penentuan muatan lokal, sekolah juga memiliki kebebasan untuk menentukan metode pembelajaran. dengan memeilih metode pembelajran yang familiar dengan siswa, tentu siswa akan merasakan sekolah menjadi lebih berarti. misalnya saja, saat ini ada beberapa sekolah yang memaksakan diri untuk membuat siswanya mencari informasi dari internet, padahal anak-anak belum familiar dengan internet. kan susah jadinya. Ya kalau siswa masih terbiasa dengan surat, buku, dan koran, ya wong dibiarkan saja mereka belajar dengan mencari informasi dari koran dan buku.
Rejeki lain dari KTSP, sekolah dapat menentukan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)sendiri. Artinya sekolah dapat menentukan seberapa dalam seorang anak dituntut untuk belajar pada mata pelajaran tertentu. Sebagai contoh, jika sekolah ada di gunung dan siswa tidak pernah melihat laut, maka sekolah pada mata pelajaran biologi KD kelautan dapat menentukan KKM 6, sedangkan pada KD kehutanaan menentukan KD 8. Jadi erserah sekolahlah.
Hari ini cukup demikian dulu ya, soalnya waktu sempit nih. ini juga pas istirahat minum kopi. Saya mau ngopi dulu. Selamat Belajar.

Tidak ada komentar: